Ide bisnis modal kecil untuk mahasiswa
Ide bisnis modal kecil untuk mahasiswa

5+ Ide Bisnis Modal Kecil Untuk Mahasiswa, Dijamin Cuan!

Posted on

Ide bisnis modal kecil untuk mahasiswa – Sebagai seorang mahasiswa, tentunya memiliki kebutuhan yang tidak hanya terbatas pada biaya pendidikan. Karena mayoritas mahasiswa adalah anak muda, mereka juga pastinya ingin sesekali menghabiskan uang untuk refreshing atau bersenang-senang.

Namun, pemasukan yang masih tergantung pada orang tua dan status mereka sebagai pelajar seringkali menjadi penghalang. Maka dari itu, kali ini kami akan membahas bisnis yang bisa dilakukan oleh mahasiswa untuk menambah uang jajan dan modalnya juga kecil.

Ide bisnis modal kecil untuk mahasiswa

Ide bisnis modal kecil untuk mahasiswa
Ide bisnis modal kecil untuk mahasiswa

Jasa Print

Ide bisnis modal kecil untuk mahasiswa yang pertama adalah jasa print. Tentunya kita sudah tidak asing dengan istilah print atau mencetak kertas. Seorang mahasiswa yang masih berkutat dengan tugas pastinya juga sudah akrab dengan istilah ini. Walaupun sudah banyak tugas sekolah yang dikirim dalam bentuk digital, beberapa tenaga pengajar juga ada yang masih meminta bentuk fisik tugas tersebut, salah satu bentuknya adalah print out diatas kertas.

Jika kamu memiliki printer yang biasanya digunakan pribadi, tak ada salahnya untuk “meminjamkannya” ke teman-temanmu. Tarifnya bisa kamu tentukan sendiri sesuai dengan banyaknya dokumen yang mereka cetak. Kamu bisa menawarkan jasa print-mu ini lewat sosial media saja supaya tidak repot. Kalau kamu ingin menambah pemasukan lagi, kamu juga bisa menambahkan jasa pengiriman dokumen.

Ide bisnis modal kecil Jasa Translator

Buat kamu yang punya kemampuan dan bisa berbahasa asing dengan fasih, bisnis ini cocok untuk kamu. Saat ini ada cukup banyak kok perusahaan yang mencari penerjemah freelance, jadi kamu bisa bekerja sambil tetap berstatus sebagai pelajar. Biasanya perusahaan ini menggunakan jasa translator untuk menerjemahkan dokumen, jadi kamu juga harus awas dengan tulisan yang diketik di dokumen tersebut. Walaupun cukup beresiko, bayarannya bisa banget kamu gunakan untuk kebutuhan healingmu.

Jual Barang Preloved

Barang preloved merupakan barang yang sudah tidak dipakai tapi masih memiliki kondisi dan berfungsi dengan baik. Kalau kamu punya barang-barang dengan kriteria seperti itu dan sudah jarang sekali dipakai, ada baiknya kamu jual ke orang lain. Sebagian orang banyak yang lebih memilih membeli barang preloved daripada barang baru dengan alasan harganya lebih murah. Barang-barang seperti baju, tas, buku belajar, hingga elektronik merupakan contoh barang preloved yang bisa kamu jual untuk mendapat uang jajan tambahan.

Jasa Les Online

Buat kamu yang merasa kesal karena kepintaran kamu cuma dimanfaatkan secara gratis sama temanmu, mending coba buka jasa les online. Dengan metode online kamu jadi tidak perlu menyediakan ruang khusus supaya kamu bisa mulai mengajar.

Pilihlah subjek yang kamu pribadi merasa sangat ahli agar kamu bisa mengajar lebih mudah. Kalau kamu takut untuk berhadapan dengan siswa yang seumur denganmu, kamu bisa membuka les-nya untuk jenjang yang lebih rendah. Oh iya, jasa les ini juga tidak selalu berkaitan dengan pelajaran akademis saja.

Baca juga Ide Usaha yang Cepat Balik Modal Dan Mudah

Kamu yang punya kemampuan seperti bernyanyi, main alat musik, menari dan sebagainya juga bisa lho dimanfaatkan menjadi jasa les. Bayaran dari jasa les ini bisa kamu atur apakah mau per-jam atau per-pertemuan. Jadi pelajar sekaligus pengajar, siapa takut?

Usaha Pulsa dan Kuota

Mahasiswa mana sih yang tidak butuh akses internet? Tak hanya untuk mencari referensi untuk membuat tugas, tapi tentunya juga untuk mencari hiburan, ya. Pastinya kamu dan teman-temanmu membutuhkan pulsa dan kuota untuk akses internet, sehingga peluang usaha ini terbuka lebar.

Tawarkan saja jasa isi pulsa dan kuotamu lewat sosial media seraya memberikan harga yang terjangkau. Pastinya mahasiswa akan lebih memilih mengisi pulsa atau kuota mereka ke penjual yang punya harga lebih murah. Selain mendapat uang, kamu juga bisa dapat harga pulsa dan kuota yang lebih murah dengan menjadi agen pulsa.

Usaha Dropshipper dan Reseller

Dengan kecanggihan teknologi, kini kegiatan belanja jadi lebih mudah. Kalau kamu punya jiwa berniaga, menjadi dropshipper atau reseller bisa jadi pilihan untuk mendapat penghasilan tambahan. Kamu nantinya hanya tinggal menjual barang yang orang lain titipkan kepadamu sehingga kamu tak perlu pusing memikirkan produksi barang dan bisa fokus ke studimu.

Baca juga Ide Usaha Es Semangka India Beserta Resepnya

Tips Menjalankan Bisnis Untuk Mahasiswa

Tips Menjalankan Bisnis Untuk Mahasiswa
Tips Menjalankan Bisnis Untuk Mahasiswa

Temukan Ide bisnis yang tepat

Tips bisnis modal kecil untuk mahasiswa yang pertama adalah menemukan ide bisnis yang tepat. Ide bisnis yang tepat di sini berarti sesuai dengan minat Anda, keterampilan dan prioritas anda semua sebagai mahasiswa. Memilih ide bisnis yang sesuai dengan minat, keterampilan, dan prioritas Anda akan sangat berguna untuk menjaga komitmen dan mendedikasikan waktu untuk bekerja di tengah perkuliahan yang sibuk.

Manfaatkan peluang yang paling relevan

Mengingat kondisi pandemi seperti ini, Mungkin anda perlu melakukan penelitian dan analisis untuk memperkirakan bisnis mana yang dapat memperoleh manfaat dan tidak terpengaruh oleh kondisi pandemi seperti ini. Dan Anda harus pandai memanfaatkan peluang dengan menjual produk yang relevan dengan kondisi saat ini. Jadi peran analisis ini sangat penting.

Baca juga Ide Bisnis Bareng Pacar yang Paling Menguntungkan

Temukan produk relevan yang sekarang dibutuhkan masyarakat dalam jumlah besar sekaligus. Misalnya, produk masker. Buat jenis masker yang paling menonjol untuk dijual dengan kuat. Tidak hanya unik, tetapi harus sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Penelitian dan analisis untuk menghasilkan produk yang dibutuhkan oleh masyarakat, tentu disertai dengan kreasi dan inovasi yang unik, ya!

Temukan mentor bisnis anda!

Anda juga dapat menentukan dan menemukan mentor bisnis untuk bisnis Anda. Seorang mentor bisnis adalah seseorang yang memiliki lebih banyak pengalaman dalam bisnis, yang dapat membantu seorang pengusaha mengasah keterampilannya dan memberikan saran untuk mengatasi tantangan baru.

Memiliki mentor bisnis memberikan manfaat luar biasa untuk mewujudkan impian Anda berwirausaha sebagai mahasiswa. Tentu saja, sebagai seorang mahasiswa, anda masih memiliki pengetahuan, pengalaman, dan jaringan kontak yang terbatas yang diperlukan untuk memulai dan mengembangkan bisnis. Jika Anda bisa mendapatkan mentor bisnis yang dapat membantu Anda dengan tiga hal ini, maka Anda memiliki peluang sukses yang lebih baik.

Mengubah dan memodifikasi model bisnis

Jika Anda pernah menginginkan bisnis berdasarkan tatap muka, harus ada pertemuan langsung antara konsumen dan perusahaan, Anda dapat mengubahnya! Beralih ke sistem online . Mulailah bisnis yang fleksibel sehingga bisa dilakukan secara online. Sesuaikan ide bisnis Anda dengan kondisi pandemi saat ini. Semangat!

Peningkatan promosi di media online

Tips selanjutnya yang harus dilakukan yaitu ketika memulai bisnis dari rumah adalah memperbanyak promosi di media online untuk menjangkau banyak pelanggan. Seperti yang Anda ketahui, jejaring sosial memiliki kekuatan yang luar biasa karena hampir sebagian besar Orang Indonesia menggunakannya. Misalnya, seperti aplikasi Instagram.

Penutup

Itulah kira-kira Ide bisnis modal kecil untuk mahasiswa yang bisa di jalankan oleh para mahasiswa. Dengan modal yang terbilang kecil, kamu bisa mendapat untung yang besar. Senang-senang pun tak perlu pusing soal uang. Terima kasih sudah berkunjung di website cara menjadi, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian para mahasiswa yang sedang berjuang untuk membuka usaha.