Cara Menjadi Reseller Makanan Kucing
Cara Menjadi Reseller Makanan Kucing

Cara Menjadi Reseller Makanan Kucing Yang Menjanjikan

Posted on

Caramenjadi.com – Sudah banyak sekali komunitas pecinta kucing. Sehingga ini bisa menjadi peluang untuk membuka usaha. Bagi anda yang ingin tau bagaimana cara menjadi reseller makanan kucing, berikut simak artikelnya.

Bisnis pakan kucing saat ini merupakan bisnis yang sudah tidak asing di kalangan masyarakat, apalagi dengan semakin banyaknya jumlah pecinta kucing. Pakan kucing ini bisa di jadikan bisnis utama yang menguntungkan, bisa juga sebagai bisnis sampingan penambah pemasukan. Jika anda tertarik, berikut adalah cara-cara menjadi seorang reseller makanan kucing.

Alasan Menjadi Reseller Makanan Kucing

Ada beberapa alasan mengapa anda harus menjalankan usaha ini.

Memiliki Konsumen Yang Banyak

Alasan yang pertama adalah memiliki konsumen yang banyak. Seperti yang kita ketahui, bahwa konsumen makanan kucing ini lebih cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya. Karena dibutuhkan oleh banyak kalangan. Tidak hanya anak muda, melainkan para orang tua juga terkadang membutuhkan makanan kucing.

Dan membeli makanan kucing ini seakan-akan menjadi sebuah rutinitas yang wajib dilakukan oleh para pecinta kucing ini.

Dari penjelasan tersebut, bahwa ini merupakan peluang yang cukup menjanjikan untuk dijalani.

Peluang Bisnis Yang Besar

Alasan yang selanjutnya yaitu memiliki peluang yang besar untuk sukses di bidang ini. Karena seperti yang sudah kita sebutkan, bahwa penjualan pakan kucing ini mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Sehingga itu bisa menjadi nilai plus dan menjadi alasan untuk menjalankan bisnis ini. Dan yang lebih bagusnya lagi, bahwa bisnis ini belum memiliki kompetitor yang banyak. Jadi bagi anda yang berniat untuk menjalankan usaha ini, maka ini menjadi salah satu peluang yang cukup besar.

Karena banyak juga para pebisnis yang sukses menjalankan usaha ini. Bahkan ada beberapa pebisnis yang mendapatkan uang puluhan juta dari usaha ini.

Cara Menjadi Reseller Makanan Kucing

Cara Menjadi Reseller Makanan Kucing
Cara Menjadi Reseller Makanan Kucing

Pilih Jenis Makanan Kucing

Cara menjadi reseller makanan kucing yang pertama yaitu pilih jenis makanan kucing. Makanan kucing sendiri secara umum terbagi menjadi dua jenis yaitu wet food dan juga dry food. Wet food merupakan makanan yang basah dan mengandung kandungan air tambahan sehingga lebih mudah untuk dicerna oleh sang kucing.

Baca juga Cara Menjadi Distributor Kartu Paket Internet

Sedangkan dry food adalah makanan kering yang biasanya diolah dengan metode ekstrusi atau panggang dan mempunyai masa simpan yang lebih lama dari wet food.

Makanan kucing ini disesuaikan dengan kebutuhan si kucing itu sendiri dan akan lebih baik jika anda menjual makanan kucing baik wet food dan dry food agar konsumen memiliki pilihan yang lebih baik sesuai kebutuhan mereka.

Melakukan Survey Produk

Survey produk pastinya perlu anda lakukan guna mengetahui bagaimana pasar bekerja sebelum bisnis anda mulai berjalan. Survey bisa anda lakukan dengan mengunjungi berbagai macam marketplace atau melakukan pengamatan terhadap pelaku bisnis sejenis.

Baca juga Cara Menjadi Reseller HP Oppo

Amati berapa harga yang biasa dijual, jenis dan merk produk mana yang banyak diminati konsumen, bagaimana pelayanan yang harus diberikan, promo seperti apa yang baiknya ditawarkan, dan sebagainya. Selain itu, anda juga harus melakukan survey terhadap para supplier makanan kucing. Pastikan melakukan penawaran harga kepada sang supplier agar lebih menguntungkan.

Menyiapkan Modal Bisnis

Meski bisnis yang anda rintis ini bisnis yang kecil sekalipun, anda juga tetap harus menyiapkan modal tentunya. Alangkah baiknya untuk membuat rencana atau analisis biaya untuk menentukan modal yang dibutuhkan dan menentukan harga jual.

Baca juga Cara Menjadi Relawan di Panti Asuhan

Sesuaikan dengan budget yang anda miliki, jika masih terbatas maka mulailah dari yang kecil terlebih dahulu kemudian jika modal anda sudah mencukupi maka modal bisa mulai anda kembangkan menjadi lebih besar lagi.

Pemasaran Efektif

Cara menjadi reseller makanan kucing yang selanjutnya adalah melakukan pemasaran efektif untuk meningkatkan penjualan. Melakukan pemasaran dan promosi yang efektif menjadi faktor pendukung sukses usaha reseller makanan kucing. Anda bisa melakukan promosi secara manual misalnya dengan melalui mulut ke mulut, menyebarkan brosur, dan memasang banner yang mencolok nan menarik. Tentunya anda juga dibolehkan untuk meminta bantuan kepada saudara, teman, dan orang sekitar untuk mempromosikan usaha makanan kucing anda ini.

Baca juga Cara Menjadi Agen Produk Unilever

Anda juga tak boleh melupakan untuk melakukan pemasaran secara online. Pemasaran online ini bisa dibilang lebih mudah dan lebih cepat dalam menggaet konsumen karena anda hanya memerlukan handphone dan akun social media anda untuk mulai beriklan. Sebarkan usaha makanan kucing ini ke berbagai platform social media dan juga marketplace agar engagement yang anda dapat bisa mencapai angka yang tinggi sehingga semakin banyak orang yang akan mengetahui usaha anda.

Buat Promosi yang Menarik

Menyebarkan info tentang usaha anda seluas-luasnya memang harus dilakukan, tapi jangan lupa juga untuk membuatnya semenarik mungkin untuk memancing konsumen. Promosi yang tidak cocok dan tidak menarik tentu saja akan mengurangi minat konsumen.

Baca juga Cara Menjadi Agen Susu dan Pampers Bayi

Umumnya, konsumen cenderung menyukai promosi visual berupa foto atau video, tidak banyak tulisan, memiliki kualitas yang bagus, serta menghibur. Promosi dalam toko pun tak boleh dilewatkan. Buat saja misalnya setiap pembelian makanan kucing dengan berat 1 kilogram sebanyak 3 buah maka akan mendapat diskon sebesar 20 persen.

Buat Nama Brand

Walaupun usaha reseller makanan kucing anda ini merupakan usaha yang kecil, tak ada salahnya anda memiliki nama brand tersendiri. Nama brand memudahkan konsumen untuk menemukan lokasi usaha. Selain itu penggunaan nama brand juga akan membantu untuk memperkenalkan produk di toko anda.

Penutup

Ada beberapa alasan mengapa anda harus menjalankan bisnis ini. Dan pada artikel ini ada beberapa tips untuk anda yang berminat untuk menjalankan bisnis ini. Seperti buat terlebih dahulu nama brand toko anda agar mudah dikenali dengan pelanggan, lalu buat beberapa strategi marketing yang bisa menarik ribuan pelanggan, dan juga yang tidak kalah penting yaitu modal utama.

Sekian pembahasan yang bisa kami berikan dalam cara untuk menjadi reseller makanan kucing. Usaha ini memang membutuhkan pemasaran dan promosi yang baik untuk mendukung dan menaikkan angka penjualan.