ide bisnis dengan modal 1 juta
ide bisnis dengan modal 1 juta

Ide Bisnis Dengan Modal 1 Juta Yang Menjanjikan

Posted on

Caramenjadi.com – Di zaman ini, banyak sekali ide bisnis dengan modal 1 juta yang bisa kamu jalankan. Berbisnis merupakan salah satu kegiatan yang seseorang lakukan untuk menghasilkan laba. Secara umum bisnis dibagi menjadi dua jenis, yaitu bisnis yang memproduksi dan menjual belikan barang, dan satu lagi bisnis yang menjual belikan jasa.

Hingga kini, bisnis sudah mengalami banyak perkembangan. Mulai dari produk hingga cara pemasarannya. Bisnis yang tadinya hanya bisa dilakukan oleh orang dengan berdompet tebal, kini bisa dimulai bahkan dengan di rumah saja.

Pandemi yang melanda menjadi salah satu faktor yang membuat banyak orang yang banting stir menjadi seorang pebisnis. Kira-kira apa saja ide bisnis dengan modal 1 juta yang menjanjikan? Mari disimak.

Bisnis Dengan Modal 1 Juta

ide bisnis dengan modal 1 juta
ide bisnis dengan modal 1 juta

1. Bisnis Makanan Ringan

Bisnis dengan modal 1 juta yang pertama adalah dengan menjalankan bisnis makanan ringan. Makanan ringan atau snack disenangi oleh banyak kalangan, maka dari itu bisnis makanan ringan ini tak akan lekang oleh waktu. Ditambah dengan orang yang semakin banyak melakukan aktivitasnya di rumah, membuat peluang bisnis makanan ringan ini semakin besar.

Anda bisa memulai bisnis makanan ringan ini dengan membelinya secara kiloan, kemudian anda kemas dan jual kembali dengan ukuran yang lebih kecil. Tentunya dengan cara seperti ini, penghasilan yang anda dapat bisa lebih besar dari modal yang anda keluarkan.

Baca juga Bisnis Pelajar Yang Menguntungkan Di Zaman Sekarang

a. Keuntungan Menjalankan Bisnis Makanan Ringan

    1. Bisnis makanan ringan bisa dikatakan relatif “mudah” selama Anda bisa memasak, terutama di era internet seperti saat ini. Melakukan hal itu memberi kita kesempatan untuk menguji pasar dengan modal yang relatif kecil atau bahkan tidak ada (karena makanan hanya dibuat setelah orang lain memesannya setidaknya satu hari sebelum [pre-order]).
    2. Ini tergantung pada setiap produk, tetapi banyak produk dapat memiliki margin kotor hingga 50%. Terutama untuk restoran yang menjual minuman. Tidak jarang melihat air mineral dengan harga Rs 25. 000.
    3. Di Indonesia, sertifikat dan izin yang perlu diurus tidak diawasi secara ketat Untuk Usaha Mikro, Kecil dan menengah. Banyak orang bisa menjual makanan tanpa harus bersertifikat halal, BPM atau FH-ERT terlebih dahulu. Sementara di luar negeri, seperti Inggris, Anda harus sudah memiliki sertifikasi HACCP meskipun Anda hanya membuka satu kios makanan di pasar.

b. Kerugian Menjalankan Bisnis Makanan Ringan

    1. Untuk perusahaan yang memiliki bentuk Restoran dan buka setiap hari seperti Perito sekarang, operasi diurus setiap hari dan tidak ada hari libur. Karena tidak menjual suatu hari memiliki dampak yang sangat besar.
      Persediaan berakhir dengan cepat. Jika kita menjual pakaian, mungkin 2-3 tahun lagi jika pakaian tidak dijual, masih bisa dijual / disimpan. Namun, untuk sektor makanan, jika makanan tidak dijual dalam 2-3 hari, itu harus dibuang.
    2. Kontrol inventaris lebih sulit. Semua makanan memiliki resep dan bahan yang berbeda, jadi mengurus inventaris bahan baku jauh lebih sulit daripada, misalnya, produksi pakaian yang mudah dikelola inventaris.
    3. Banyak pesaing mengandalkan hype. Banyak restoran yang awalnya ramai karena hype (misalnya viral Di Tik Tok), namun lambat laun kehilangan konsumen karena selalu ada makanan baru.

2. Bisnis LPG dan Isi Ulang Air

Bisnis LPG dan Isi Ulang Air
Bisnis LPG dan Isi Ulang Air

ide bisnis dengan modal 1 juta yang kedua adalah dengan membuka bisnis LPG atau bisa juga dengan bisnis is ulang air. Gas LPG serta air galon menjadi barang yang senantiasa dibutuhkan oleh masyarakat. Anda tentunya perlu mencari supplier yang terpercaya dan bisa memberikan harga yang lebih murah sebelum mulai berbisnis. Dengan banyaknya kebutuhan LPG dan air isi ulang, bisnis ini menjadi salah satu bisnis yang tak pernah sepi.

Baca juga Ide Bisnis Anak Pesantren yang Menghasilkan

3. Bisnis Toko Online

ide bisnis dengan modal 1 juta yang ketiga adalah dengan menjalankan bisnis toko online. Bisnis melalui internet memang mempunyai banyak keuntungan. Selain kita bisa mengiklankan produk secara gratis, kita juga tak perlu pusing-pusing memikirkan lapak. Bisnis yang bisa dimulai secara online bermacam-macam. Baik produk, modal dan jam operasional bisa anda atur sendiri sehingga bisnis anda menjadi lebih fleksibel.

4. Dropshipper atau Reseller

Masih berkaitan dengan bisnis online, bisnis dropship dan reseller adalah salah satu jenis bisnis yang banyak digeluti orang. Kedua bisnis ini memiliki prinsip yang sama, yaitu anda akan berjualan produk orang lain. Keuntungan dari bisnis ini adalah anda bisa melakukan transaksi jual beli tanpa harus repot menyiapkan barang dagangan.

a. Keuntungan Menjalankan Usaha Menjadi Dropshipper atau Reseller

    • Modal minimum.
    • dapat dijalankan di mana saja dan kapan saja.
    • mudah untuk mengimplementasikan.
    • produk yang Dapat Dijual bervariasi.
    • tanpa perlu memikirkan penyimpanan barang.
    • Engga perlu memikirkan dengan pengemasan dan pengiriman produk.

b. Kerugian dari Dropship adalah:

    • Margin keuntungan rendah karena harus dibagi dengan pemasok.
    • dropshipper tidak dapat menjamin ketersediaan produk.
    • nama dropshipper yang baik tergantung pada kualitas produk pemasok,
    • kecepatan pengiriman produk tergantung pada pemasok.
    • pemasok sering mengalami kesalahan dalam pengiriman produk.

5. Affiliate Marketing

Bisnis berbasis online ini agak mirip-mirip dengan dropshipper atau reseller. Namun bedanya, disini hanya anda perlu mengiklankan produk-produk tersebut. Anda kemudian akan mendapat penghasilan setiap ada transaksi yang berhasil melalui iklan yang anda pasang.

Baca juga Cara Menjadi Reseller Quail Hijab Beserta Syaratnya

6. Bisnis Waralaba (Franchise)

Nah, kalau ini cocok untuk anda yang mempunyai modal untuk membangun usaha namun tidak mau repot menyiapkan alat dan bahan. Anda tinggal mencari franchise bisnis yang ingin anda lakukan, kemudian mendaftar dan membayarkan sejumlah uang. Setelah itu, anda akan langsung mendapatkan starter kit untuk mulai berbisnis.

7. Bisnis Jasa Online

Bisnis Jasa Online
Bisnis Jasa Online

Ide bisnis dengan modal 1 juta yang terakhir adalah dengan membuka bisnis jasa online. Bisnis jasa secara online ini ada banyak jenisnya. Modal yang anda butuhkan juga minim, karena jasa yang anda tawarkan bisa merupakan keahlian yang anda miliki, contohnya mengajar, desain grafis, pembuatan website, dan lain sebagainya. Skill yang anda miliki dan juga hasil pekerjaan yang anda lakukan tentu akan mempengaruhi pendapatan. Semakin bagus skill dan hasil yang anda miliki, maka semakin tinggi pula penghasilan yang anda dapatkan.

Kira-kira sekian beberapa bisnis yang bisa anda mulai dengan modal yang minim. Walaupun modal yang dibutuhkan kecil, jika anda bersungguh-sungguh dalam menggelutinya, tentu hasilnya akan menggunung.

Penutup

Nah itu ada ada 7 ide bisnis dengan modal 1 juta yang menjanjikan. Pastinya di setiap usaha tersebut ada keuntungan dan ada kerugiannya. Semua nya kembali bagaimana kamu menjalankan bisnis tersebut. Apakah kamu siap menerima tantangan atau bahkan kamu sudah menyerah sebelum terjun.

Mungkin ini saja artikel yang bisa penulis cara menjadi berikan kepada temen-temen semua, penulis berharap semoga artikel ini bermanfaat buat sobat cara menjadi semua.