Cara Membuat Izin Usaha Spa
Cara Membuat Izin Usaha Spa

Tips Bisnis Cara Membuat Izin Usaha Spa dan Manfaat Spa

Posted on

Caramenjadi.com – Ada beberapa tips mudah cara membuat izin usaha spa. Usaha spa kecantikan merupakan usaha yang banyak sekali dijalankan terutama di daerah-daerah yang memiliki potensi wisata. Sebagian wisatawan yang datang ke tempat wisata, selain memanjakan mata mereka dengan melihat pemandangan sekitar, biasanya juga datang untuk melakukan perawatan tubuh dengan mendatangi spa.

Spa di Indonesia sendiri sudah memiliki nilai jual tersendiri di mata wisatawan mancanegara sebab selain menyeimbangkan jiwa dan raga, usaha spa juga bisa mengenalkan tradisi dan budaya bangsa Indonesia kepada para wisatawan. Usaha spa yang baik tentu harus mengantongi izin dari pemerintah sebelum bisa beroperasi, maka dari itu pada artikel ini kami akan membahas perihal izin usaha spa.

Cara Membuat Izin Usaha Spa

Cara Membuat Izin Usaha Spa
Cara Membuat Izin Usaha Spa

Bagi anda yang tertarik dengan bisnis ini dan ingin menjalankan usaha spa. Maka anda bisa membaca artikel dari website cara menjadi ini mengenai tips cara membuat izin usaha spa. Bagaimana apakah tertarik? Baca artikel di bawah ini.

Dasar Izin Usaha Spa

Cara membuat izin usaha spa yang pertama yaitu dengan dasar izin usaha spa. Sebelum masuk kepada cara mengurus izin usaha spa kecantikan, kita tentunya harus membahas apa yang mendasari bahwa usaha spa harus memiliki izin operasi. Semua didasari dengan semakin meningkatnya jumlah wisatawan yang menjadikan Indonesia sebagai destinasi wisata mereka.

Baca juga Tips Usaha Ayam Potong

Dikarenakan beberapa di antara mereka yang berwisata ke Indonesia mengunjungi tempat spa tradisional Indonesia, maka pemerintah Indonesia pun mengeluarkan regulasi untuk para pelaku usaha spa. Regulasi ini bertujuan untuk mempermudah dan meningkatkan mutu layanan yang diberikan oleh usaha spa ini sesuai dengan ketentuan dan standar yang telah diatur oleh pemerintah.

Regulasi ini mengatur dua hal yang harus memenuhi kompetensi dan standar, yaitu standar kompetensi sang terapis, dan yang kedua adalah standar sang pelaku usaha spa itu sendiri. Selain itu, usaha spa juga diharuskan untuk memiliki sekurang-kurangnya dua jenis teknik spa tradisional Indonesia dengan tujuan untuk mengenalkan ethno wellnes spa Indonesia atau budaya kesehatan Nusantara kepada para wisatawan sehingga menaikkan nilai jual tradisi dan budaya bangsa.

Baca juga Tips Usaha Cara Membuka Usaha Toko Herbal.

Syarat Membuat Izin Usaha Spa

Ada beberapa syarat membuat izin usaha spa. Dengan meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke spa yang secara langsung menaikkan angka devisa negara, maka pemerintah Indonesia mempermudah syarat yang dibutuhkan oleh para pelaku usaha spa untuk mendapatkan Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP). Syarat-syarat yang dibutuhkan antara lain adalah:

  • Izin Mendirikan Bangunan.
  • Izin Lingkungan.
  • Izin Lokasi

Ketiga syarat diatas sudah cukup bagi para pengusaha spa untuk mendapatkan TDUP guna meningkatkan kualitas produk dan layanan yang mereka berikan kepada para konsumen mereka. Selanjutnya pengusaha spa harus mendatangi kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu sesuai dengan kota tempat mereka beroperasi. Biasanya kantor DPMPTSP akan meminta beberapa syarat tambahan lagi seperti:

  • Fotokopi Akta Pendirian Usaha.
  • NPWP Pribadi
  • Surat Pernyataan Pemilik tentang Laik Sehat, Kualitas Air, Rekomendasi penggunaan alat kesehatan, serta kepengurusan STPT (Surat Terdaftar Penyehat Tradisional).
  • Surat pernyataan keabsahan dan kebenaran atas dokumen penyerahan
  • Fotokopi nomor BPJS Ketenagakerjaan

Baca juga Cara Jadi Reseller di Shopee Untuk Mendapatkan Jutaan Rupiah.

Mengurus Izin Usaha Spa

  1. Setelah syarat terkumpul, maka pelaku usaha spa akan mengajukan permohonan dengan dilampiri persyaratan administrasi kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu domisili mereka.
  2. Apabila setelah diteliti berkas permohonan dinyatakan lengkap, maka berkas permohonan akan diagendakan dan diproses melalui Bidang Penyelenggaaan Layanan Perizinan II. Apabila berkas permohonan belum memenuhi persyaratan administrasi dikembalikan kepada pemohon untuk dilengkapi.
  3. Kemudian setelah berkas permohonan yang di verifikasi melalui Bidang Layanan Perizinan II, akan dibuat sebuah Berita Acara yang menyatakan diadakannya apat koordinasi serta cek lapangan bersama tim teknis.

Kegiatan administrasi akan berjalan kurang lebih selama 10 hari dan tidak dipungut biaya. Setelah usaha spa dirasa memenuhi kompetensi dan standar yang berlaku, maka pelaku usaha spa akan diberikat sertifikat serta Surat Keputusan mengenai TDUP.

Manfaat Usaha SPA Bagi Tubuh

Manfaat Usaha SPA Bagi Tubuh
Manfaat Usaha SPA Bagi Tubuh

Usaha spa menjadi salah satu bisnis yang saat ini sedang banyak dicari oleh masyarakat. Hal itu, dikarenakan banyak sekali manfaat dari spa bagi tubuh manusia.

Perawatan Spa biasanya dapat ditemukan di pusat kecantikan atau kesehatan, seperti Klinik Kecantikan, tempat pijat, dan salon kecantikan. Tidak hanya membuat Anda merasa nyaman, santai dan Tenang, Spa juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, lho.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari spa:

Memberikan efek relaksasi

Perawatan Spa yang biasanya menggabungkan pijat, aromaterapi, mandi dengan air hangat dan lingkungan yang nyaman, mampu membuat tubuh dan pikiran terasa rileks dan tenang. Diyakini bahwa efek ini disebabkan oleh manfaat resor kesehatan yang dapat merangsang produksi endorfin dalam tubuh.

Baca juga Cara Mengaktifkan Dropship Shopee Dengan Mudah!

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa perawatan spa dapat menghilangkan kecemasan dan stres. Saat mencoba spa, anda dapat meminta terapis untuk menggunakan minyak aromatik yang Anda suka atau menyalakan musik santai untuk pikiran.

Mengurangi rasa sakit dan ketegangan otot

Selain membuat tubuh terasa rileks, pijat juga dapat mengurangi nyeri punggung, nyeri akibat osteoporosis, efek samping pengobatan kanker, dan sakit kepala.

Dipercaya juga bahwa pijatan meningkatkan sirkulasi darah, serta mengurangi ketegangan dan nyeri pada otot yang kaku. Jika tubuh Anda terasa sakit dan kekurangan energi, tidak ada salahnya untuk mencoba spa.

Membersihkan dan mencerahkan kulit

Seiring waktu, kulit bisa kehilangan elastisitas dan elastisitasnya, yang menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan kulit, seperti keriput dan kulit kering. Salah satu alasannya adalah penurunan jumlah kolagen.

Untuk membuat kulit Anda terlihat segar, Anda dapat memilih spa wajah atau perawatan spa khusus menggunakan produk anti-penuaan. Dipercaya bahwa perawatan spa ini merangsang produksi kolagen, sehingga kulit Anda terlihat lebih muda, lebih sehat dan bercahaya.

Selain pijat, perawatan spa yang melibatkan mandi dengan air hangat selama 10 hingga 15 menit diyakini dapat membantu penyakit kulit, seperti eksim dan psoriasis.

Menjaga kesehatan jantung

Perawatan Spa biasanya dilengkapi dengan ruangan khusus yang menggunakan peralatan pemanas atau sauna. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa secara teratur bersantai dengan sauna dua kali seminggu dapat mengurangi risiko serangan jantung dan hipertensi.

Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan tentang manfaat resor kesehatan ini. Bagi yang menderita penyakit jantung, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum melakukan sauna.

Membuat tidur lebih baik

Jika Anda memiliki gangguan tidur atau merasa bahwa Anda tidak tidur nyenyak, cobalah perawatan spa. Perawatan Spa diyakini dapat meningkatkan kualitas tidur. Terapis pijat jiga bisa membuat Anda merasa lebih tenang dan nyaman, serta meningkatkan kualitas tidur Anda.

Meskipun ada banyak manfaat untuk spa, Anda tetap perlu berhati-hati karena perawatan ini bukan tanpa risiko. Resor kesehatan dapat menjadi area penularan kuman, virus, dan jamur, terutama di resor kesehatan yang kebersihannya tidak dijaga.

Seperti itulah pembahasan tentang izin usaha spa. Mengurus izin untuk suatu usaha agar diakui oleh negara memang bukan perkara yang mudah. Namun, jika usaha sudah mengantongi izin usaha dari pemerintah, tentunya pelaku usaha akan lebih nyaman dalam melakukan pekerjaan mereka.