Ide Bisnis Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok
Ide Bisnis Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok

Ide Bisnis Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok

Posted on

Caramenjadi.com – Saat ini TikTok selain menjadi salah satu apliaksi sosial media, namun bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan uang dari tiktok. Sebagai suatu sosial media, TikTok tentunya memiliki nilai yang berbeda-beda di pandangan setiap orang. Ada yang beranggapan bahwa TikTok hanyalah sekedar aplikasi media sosial yang menghabiskan waktu penggunanya, dan ada yang berpendapat kalau TikTok merupakan aplikasi yang sangat berguna.

Salah satu nilai positif yang dibangga-banggakan oleh para user TikTok adalah mereka mampu menghasilkan uang dari hanya bermain TikTok. Uang yang dihasilkan dari bermain TikTok juga tak kalah besar dari yang dihasilkan para pekerja kantoran.

Dengan semakin banyaknya orang yang berkeinginan bekerja remote, TikTok menjadi salah satu pilihannya. Lalu, bagaimana caranya mendapatkan uang dari TikTok? Berikut pembahasannya.

Cara Mendapat Uang Dari TikTok

Ide Bisnis Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok
Ide Bisnis Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok

Posting Sponsored Content

Salah satu cara mendapatkan uang dari TikTok adalah dengan mengunggah video Sponsored Content. Sponsored Content adalah video yang dibuat dengan tujuan mengiklankan atau mempromosikan suatu produk, konsepnya mirip seperti endorsement pada umumnya.

Baca juga Ide Bisnis Modal Kecil Untuk Mahasiswa

Anda sebagai user TikTok akan membuat video yang berfokus pada suatu brand yang kemudian brand tersebut akan membayar anda sesuai dengan insight yang anda peroleh. Mempunyai followers yang banyak tentu akan sangat memudahkan anda dalam memposting Sponsored Content.

Payout Coins

TikTok tak hanya menyuguhkan video-video singkat kepada para penggunanya, namun juga memberi akses kepada user mereka untuk menonton siaran langsung atau live streaming. Saat siaran sedang berlangsung, para penonton bisa mengirimkan gift berupa stiker kepada streamer tersebut persis seperti Super Stickers atau Super Chat yang ada di platform YouTube.

Menggunakan sistem yang mirip, stiker yang diberikan kepada sang streamer kemudian bisa ditukarkan menjadi uang, inilah yang disebut sebagai Payout Coins. Untuk bisa mengirim stiker tersebut, para penonton harus membelinya dengan sejumlah uang asli.

Baca juga Ide Bisnis Bareng Pacar

Cara ini termasuk yang mudah untuk dilakukan jika jumlah penonton sudah banyak dan pengguna TikTok tersebut malas membuat banyak video.

Account Manager

Cara selanjutnya cocok bagi anda yang tidak terlalu senang membuat video tapi tetap mau mendapat uang dari bermain TikTok. Manager atau Admin akun TikTok sudah dilakoni oleh cukup banyak orang.

Akun yang diurus juga bukan hanya milik artis atau influencer, tapi juga milik brand yang ingin melebarkan sayapnya di kancah media sosial.

Tugas mereka antara lain adalah meningkatkan engagement yang didapat oleh akun seperti jumlah like dan followers, mengatur strategi content marketing, mengembangkan ide konten, dan mengelola tawaran kerja sama atau endorsement dari pihak lain.

Jual Akun TikTok

Jasa jual beli akun media sosial nampaknya bukanlah hal yang asing lagi. Para pengguna TikTok pun juga tak jarang melakukan hal ini. Akun TikTok ini biasanya dijual kepada brand atau perusahaan dengan syarat akun tersebut memiliki minat kepada topik yang sesuai dengan yang brand inginkan.

Baca juga Ide Usaha Es Semangka India

Dengan begitu, apabila suatu perusahaan membeli akun tersebut mereka tak perlu repot memikirkan jumlah engagement. Sebab pastinya akun tersebut sudah memiliki komunitas yang minatnya sama dengan brand atau perusahaan.

Bagi anda yang masih pemula, anda bisa mencoba membangun beberapa akun dengan topik minat yang berbeda. Semakin banyak komunitas yang berhasil dibangun, semakin banyak pula akun yang bisa dijual.

TikTok Marketing

Bagi anda yang memiliki usaha, TikTok bisa juga anda jadikan sebagai media iklan dan promosi. Cara beriklannya juga cukup mudah, anda tinggal memposting video yang menarik tentang usaha anda lalu bubuhi dengan efek dan suara yang sedang trending seperti bermain TikTok biasa.

Sertakan juga hashtag agar video anda semakin mudah ditemukan. Apabila video anda bisa sampai masuk laman FYP, pastinya engagement yang anda dapat sangatlah besar sehingga bisa meningkatkan brand awareness terhadap usaha anda.

Penutup

Mungkin cukup sekian beberapa cara mendapat uang dari TikTok. Beberapa cara memang mengharuskan anda untuk memiliki jumlah pengikut yang banyak. Namun apabila anda yakin bisa memproduksi konten yang menarik, pastinya anda akan berhasil meraih pendapatan yang besar melalui platform ini.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel di website cara menjadi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua yang sedang mencari sampingan dengan memanfaatkan aplikasi tiktok.