cara membuat es krim pop ice
cara membuat es krim pop ice

Ide Usaha Es Krim Pop Ice dan Cara Membuatnya

Posted on

Caramenjadi.com – Bagi anda yang ingin menjalankan usaha es krim pop ice, maka pada kesempatan ini, cara menjadi akan memberikan ide usaha es krim pop ice dan cara membuatnya.

Bukan hanya anak-anak, orang dewasa pun menyukai makanan yang manis-manis seperti salah satunya adalah es krim. Es krim saat ini mudah sekali ditemukan karena banyak tersedia di toko-toko seperti minimarket atau swalayan.

Es krim merupakan makanan yang mudah sekali untuk dibuat di rumah. Maka dari itu, dari pada kita membeli es krim di luar rumah yang membutuhkan uang dengan harga yang lumayan lebih baik kita buat es krim di rumah sendiri yang sudah jelas tidak memakan biaya yang banyak dan bisa menghasilkan es krim yang banyak pula. Banyak sekali cara untuk membuat es krim yang segar, nikmat, dan menarik yang dapat disajikan kepada keluarga.

Tekstur dari es krim itu sendiri adalah lembut dengan bermacam-macam variasi rasa diantaranya ada rasa cokelat, stroberi, nanas, vanilla, dan rasa lainnya. Pernakah kamu mencoba membuat es krim dengan menggunakan pop ice?

Jika belum pernah, kamu harus mencoba membuat es krim yang enak, lezat, dan lembut dengan menggunakan pop ice. Kamu bisa mengkreasikan es krim pop ice ini dengan bermacam-macam toping, seperti parutan keju, chocochips, parutan coklat, dan masih banyak lainnya.

Cara membuat es krim pop ice ini tidak terlalu sulit kok, kamu cukup bisa menyediakan beberapa bahan seperti susu, tepung maizena, gula, santan, pop ice, dan yang lainnya.

Bagaimana sih cara membuat es krim pop ice dengan menggunakan macam-macam rasa? Ternyata tidak terlalu sulit lohh untuk membuat es krim pop ice. Dan juga hanya membutuhkan bahan yang tidak banyak. Mari kita simak langsung cara membuat es krim pop ice cekidott…

Baca juga Ide Bisnis Modal Kecil Untuk Mahasiswa

Modal Awal Usaha Pop Ice

Modal Awal Usaha Pop Ice
Modal Awal Usaha Pop Ice

Sebelum kita membahas bagaimana cara membuat ice krim pop ice, kita akan sedikit membahas modal awal dalam menjalankan bisnis ini. Peralatan untuk membuat es krim pop ice terbilang tidak membutuhkan alat yang banyak. Menariknya, bisnis ini bahkan tidak membutuhkan tempat yang besar, Anda bisa menjual es krim ini di depan rumah.

Berikut adalah alat dan bahan yang Anda butuhkan ketika Anda ingin memulai bisnis ini:

  • Meja
  • Blender
  • Alat press minuman (opsional)
  • Es  batu
  • Satu galon air
  • Gelas plastik
  • Sedotan plastik
  • Stoples untuk menempatkan Mises atau bahan lainnya
  • Es minuman dengan berbagai rasa dan topingnya.

Dengan alat dan bahan di atas, berapa modal yang Anda butuhkan? Berikut adalah rincian modal usaha ice mixer yang Anda butuhkan sebagai modal investasi awal.

Baca juga Ide Bisnis Bareng Pacar 

Keterangan Harga
Ember 70.000
Toples 80.000
Blender 350.000
Gerobak 1.000.000
Press Minuman 800.000
Total 2.300.000

Cara Menghitung Keuntungan Jualan Pop Ice

Dalam cuaca panas, terutama pada siang hari, biasanya banyak yang mencari pop ice. Sehingga bisa dikatakan bahwa pangsa pasar usaha ini juga cukup luas.

Baca juga Ide Usaha Es Semangka India

Jika kebetulan lokasinya dekat dengan sekolah, perguruan tinggi atau tempat ramai lainnya, tidak sulit untuk menjual banyak cup setiap harinya.

Kami berasumsi bahwa setiap hari Anda dapat menjual 50 gelas pop ice dengan harga 5 ribu, maka pada hari itu Anda akan mendapatkan total omset:

50 x 5.000 = 250.000.

Sehingga jika anda akumulasikan penghasilan tersebut selama sebulan, dengan asumsi jumlah cup pop ice yang sama terjual, total penjualan bulanan Anda akan mencapai:

30 x  250.000 = 7,500,000.

Jika setiap hari Anda dapat menjual lebih banyak, total volume perdagangan yang anda peroleh akan semakin tinggi. Nah, nantinya, total omzet ini akan berkurang dengan biaya operasional yang Anda keluarkan selama sebulan untuk mendapatkan omzet bersih.

Namun, Anda perlu memahami bahwa bisnis minuman ringan seperti es krim ini mungkin tidak menentu setiap hari. Ada saat-saat sehari ketika Anda akan menghabiskan hingga 100 gelas. Namun, ada kalanya hanya 30 gelas yang terjual.

Baca juga 10 Ide Usaha yang Cepat Balik Modal

Apapun itu, teruslah berusaha dan jangan pernah menyerah, karena tidak ada usaha yang mudah.

Agar usaha Anda memiliki banyak pembeli, berikan sedikit inovasi. Anda bisa membuat kreasi pop ice ini dengan menambahkan berbagai bahan yang bisa menambah rasa. Anda juga dapat memberikan Stiker pada kemasan atau membuat promosi yang menarik sehingga semakin banyak yang tertarik.

Bahan-bahan

  • 500 ml air
  • 8 sdm gula pasir
  • 2 sdm tepung maizena (dilarutkan dengan air hangat sebanyak 3 sdm)
  • 1 sdm Sp
  • 100 gr susu kental manis
  • 3 sachet pop ice (varian rasa disesuaikan dengan keinginan kamu ya, disini kita akan memakai rasa stroberi, permen karet, dan coklat)
  • 1 pack cup 65 ml

Cara Membuat Es Krim Pop Ice

cara membuat es krim pop ice
cara membuat es krim pop ice

Bagi anda yang pernasaran bagaimana cara membuat es krim pop ice, maka berikut langkah-langkahnya.

  1. Didihkan panci yang berisi air, gula, dan susu (susu kental manis dan dancow). Jika sudah mendidih, larutan maizena dimasukkan dan diaduk kurang lebih 1 menit.
  2. Setelah didihkan, matikan kompor dan dinginkan. Setelah dirasa sudah dingin, masukkan ke dalam freezer selama 5 jam.
  3. Jika sudah 5 jam, keluarkan dan kerok menggunakan garpu kemudian mixer dan masukkan sp kurang lebih 15 menit.
  4. Kemudian adonan dapat dibagi menjadi 3 bagian. Adonan di wadah pertama dicampurkan dengan 1 sachet pop ice rasa coklat, lalu mixer hingga merata. Jika sudah rata, masukkan ke dalam wadah plastic segitiga.
  5. Adonan di wadah ke dua dicampurkan dengan pop ice rasa permen karet. Setelah dicampurkan, mixer sampai teraduk rata. Jika sudah merata, masukkan ke dalam wadah plastik segitiga.
  6. Adonan di wadah ke tiga dicampurkan dengan pop ice rasa stroberi. Setelah dicampurkan, mixer sampai adonan teraduk rata. Jika sudah merata, masukkan ke dalam wadah plastik segitiga.
  7. Cetak adonan ke dalam cup. Adonan es krim dapat ditumpuk menjadi 3 lapisan dengan warna yang berbeda. Sesuai dengan selera untuk menumpukkan 3 lapisan warna tadi.
  8. Beri topping seperti menggunakan chococips, parutan keju, atau sesuai dengan selera. Jika sudah di beri toping selanjutnya simpan ke dalam freezer dan diamkan selama kurang lebih 5 – 7 jam. Setelah didiamkan, makanan bisa langsung disajikan dan disantap baik sendiri, bersama keluarga, maupun bersama pasangan.

Penutup

Berikut adalah cara membuat es krim pop ice serta sedikit hitung-hitungan modal awal dalam menjalankan bisnis ini. Bagaimana sobat? Mudah bukan untuk membuatnya.

Selain itu juga kamu bisa menyantap es krim dengan harga yang ekonomis namun nikmat. Yuk, segera kamu praktikkan resepnya ya dirumah. Terimakasih sudah berkunjung di website cara menjadi, semoga artikel ini bermanfaat bagi temen-temen semua.