ide bisnis inovatif dan kreatif
ide bisnis inovatif dan kreatif

6 Ide Bisnis Inovatif dan Kreatif Yang Menjanjikan

Posted on

Caramenjadi.com – Setelah pandemi COVID-19 yang melanda seluruh Dunia. Banyak masyarakat yang turun dalam segi ekonomi. Dan setelah pandemi mereda, maka sekarang, masyarakat Indonesia sedang berusaha untuk memulihkan ekonomi tersebut. Sehingga bagi anda yang ingin menjalankan suatu bisnis, ada 6 ide bisnis inovatif dan kreatif yang bisa anda jalankan.

Tak sedikit orang yang memilih untuk membuka bisnis sebagai sumber penghasilan mereka. Namun tentunya bisnis yang dibuat harus memiliki konsep yang unik agar konsumen tidak bosan dengan tipe bisnis yang begitu-begitu saja. Pada artikel ini kami akan menuliskan ide bisnis inovatif dan kreatif yang bisa anda coba.

Bagi anda yang penasaran apa saja ide-idenya, simak penjelasannya pada artikel ini.

Ide Bisnis Inovatif dan Kreatif

ide bisnis inovatif dan kreatif
ide bisnis inovatif dan kreatif

Bisnis adalah salah satu usaha komersial di dunia perdagangan. Dalam Ilmu Ekonomi, bisnis sendiri adalah organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lain, untuk mendapatkan keuntungan.

Mengutip dari PengantarBisnis Modern, bisnis merupakan salah satu kegiatan di bidang ekonomi. Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan aktivitas dan perusahaan yang memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga Ide Usaha Es Krim Pop Ice dan Cara Membuatnya

Desain Uang Mahar

Mahar pernikahan berbentuk uang masih banyak digunakan dalam pernikahan di Indonesia. Beberapa pasangan biasanya menginginkan konsep pernikahan yang menarik termasuk untuk uang mahar. Uang yang dijadikan mahar akan biasanya akan dibentuk dan dihias sedemikian rupa agar terlihat lebih menarik.

Baca juga Ide Bisnis Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok

Usaha ini akan membutuhkan otak yang kreatif sebab desain uang pastinya akan berbeda dari satu pasangan ke pasangan lainnya. Anda bisa bekerja sama dengan para Wedding Organizer guna mencapai target pasar yang lebih luas.

Jasa Mendengarkan Curhat

Meski terdengar aneh, namun usaha ini benar-benar ada dan memiliki peminatnya sendiri. Biasanya pengguna jasa ini merupakan orang yang sedang dalam masalah namun tidak memiliki teman cerita. Anda cukup menjadi pendengar yang baik untuk menjalankan usaha ini.

Baca juga Ide Bisnis Modal Kecil Untuk Mahasiswa

Kebanyakan orang juga hanya ingin didengar saja ceritanya sehingga anda hanya akan menjadi pemberi saran saat dibutuhkan. Melakukan promosi di media sosial menjadi cara yang ampuh untuk menggaet konsumen.

Jual Beli Barang Antik

Bagi anda yang memiliki koleksi barang-barang lama dan dicari oleh para kolektor juga bisa menlakukan jual beli barang-barang antik tersebut sebagai suatu usaha.

Para kolektor yang niat biasanya rela membayar dalam harga yang tinggi untuk mendapatkan barang antik tersebut sehingga anda bisa mendapat untung yang cukup besar. Gunakan media sosial untuk bergabung dengan komunitas kolektor barang antik guna memasarkan barang-barang anda.

Jual Beli Tanaman Hias

Ide bisnis inovatif dan kreatif yang selanjutnya yaitu bisnis jual beli tanaman hias. Tanaman hias juga menjadi salah satu barang yang banyak dijual belikan. Pasalnya selain membuat penampilan suatu ruangan lebih cantik, adanya tanaman hias juga membuat sirkulasi udara lebih baik sehingga ruangan akan menjadi lebih sejuk serta mengurangi stress.

Pastikan anda selalu menjaga kesehatan tanaman hias yang anda jual agar penampilan dan harga sang tanaman tidak menurun. Bergabung dengan komunitas sesama pecinta tanaman hias sangat disarankan agar memudahkan anda terhubung dengan pembeli dan memperdalam pengetahuan anda tentang tanaman hias.

Jasa Membuat Konten Media Sosial

Media sosial merupakan tempat dengan segala macam konten yang menarik yang bisa dipilih sesuai dengan kegemaran penggunanya. Membuat konten di media sosial bisa anda jadikan usaha apalagi jika anda memiliki kreatifitas dan gemar dengan kegiatan berselancar di media sosial.

Baca juga Ide Bisnis Bareng Pacar

Berbagai akun usaha biasanya mencari orang yang bisa membuat berbagai konten di akun media sosial mereka guna meningkatkan branding usaha mereka, ini merupakan kesempatan yang cocok bagi anda untuk menawarkan dan menyewakan jasa anda.

Jual Beli Tanaman Terrarium

Ide bisnis inovatif dan kreatif yang terakhir yaitu dengan melakukan jual beli tanaman terrarium. Tanaman terrarium merupakan tanaman yang menggunakan kaca sebagai media tempat menanamnya. Tanaman ini banyak dicari orang yang ingin menyalurkan hobi menanam mereka namun memiliki lahan yang terbatas, mirip mirip seperti tanaman hidroponik hanya saja terrarium merupakan versi lebih murahnya.

Baca juga Ide Usaha Es Semangka India

Untuk membuka usaha ini anda tidak memerlukan modal yang sangat besar mengingat target pasar tanaman terrarium merupakan lahan yang terbatas sehingga media tanam yang dibutuhkan pun juga berukuran kecil.

Penutup

Cukup sekian beberapa ide bisnis kreatif dan inovatif untuk anda coba kembangkan. Beberapa bisnis diatas meskipun terlihat simpel, namun tetap memerlukan ketekunan dan kerja keras agar bisa sukses. Semoga artikel ini dapat membantu anda.

Terima kasih sudah berkunjung di website cara menjadi, semoga artikel ini membantu temen-temen dalam menjalankan bisnis.